Langsung ke konten utama
Melakukan instalasi komponen PC


1. Letakkan motherboard pada tempat yang datar dan jangan lupa beri alas dengan permukaan yang lembut agar motherboard tidak tergores atau putus jalur komponennya.

2. Pasang processor pada motherboard. Pemasangan processor usahakan di luar cassing agar memudahkan Anda dalam pemasangan processor tersebut. Pemasangan processor disesuaikan dengan jenis processor dan motherboard yang digunakan.
            http://multimediasmkn9mtr.files.wordpress.com/2013/04/mearkit-2.jpg?w=625
3. Setelah prosessor terpasang kemudian lakukan pemasangan kipas processor.

4. Pasang RAM pada slot RAM yang tersedia pada motherboard. Pemasangan RAM pada slot harus mengikuti aturan karena apabila terjadi kesalahan dalam pemasangan dapat membuat RAM dan motherboard rusak atau terbakar.

5. Siapkan cassing untuk pemasangan semua komponen yang sudah di sediakan.

6. Setelah menyiapkan casing pasanglah power supply

7. Setelah itu masukkan motherboard pada cassing secara perlahan agar motherboard tidak rusak. Pada saat pemasangan motherboard, perhatikan konektor mouse, keyboard, serial, VGA dan sound agar terpasang dengan panel yang terdapat pada cassing dengan benar.

8. Kemudian bautlah motherboard dengan dudukannya agar kuat dan tidak goyang.

9. Dicontoh ini kita mengunakan motherboard yang sudah dilengkapi dengan VGA, Sound Card, dan LAN Card yang sudah menjadi satu dalam motherboard. Komponen yang sudah menjadi satu dengan motherboard disebut dengan komponen ON BOARD.

10. Setelah itu pasanglah CD ROM pada rak yang terdapat pada casing, dengan cara memasukkannya dari depan.

11. Kemudian bautlah CD ROM yang telah terpasang tadi dangan raknya agar tidak goncang.  Kemudian pasangkan kabel power dan kabel data atau kabel ATA CD ROM pada motherboard.

12. Pasanglah harddisk pada rak yang terdapat pada casing dengan perlahan agar harddisk tidak terbentur. Karena komponen harddisk ini sangat rawan tehadap goncangan. kemudian baut dengan kencang agar tidak goyang.

13. Setelah harddisk terpasang kemudian pasanglah kabel data atau kabel ATA harddisk pada motherboard dan pada harddisk itu sendiri.
            http://multimediasmkn9mtr.files.wordpress.com/2013/04/mearkit-7.png?w=625
14. Pasang konektor power supply pada tempatnya pada konektor yang terdapat di motherboard. (perhatian: jika pemasangan ini salah, maka akan mengakibatkan kerusakan yang fatal pada motherboard.)

15. Kemudian tancapkan konektor power / restart / hdd lad / power lad dan lain-lain pada konektor yang terdapat di motherboard.
            http://multimediasmkn9mtr.files.wordpress.com/2013/04/mearkit-9.png?w=625

16. Setelah kita selesai merakit semua komponen maka perakitan tersebut harus kita uji apakah perakitan ini berhasil atau tidak. Dengan cara hidupkan computer. Bila komputer dapat BOOTING maka perakitan berhasil. Bila tidak dapat BOOTING, berarti perakitan belum sempurna, Maka harus disempurnakan bila ingin menginstal Sistem Operasi. Cara menyempurnakannya dengan cara cek kembali semua komponen yang telah dipasang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Batagor Ikan "Sedhep"

Batagor Ikan "Sedhep" ya gini, enak kan? Ayo beli jangan sungkan lah Link video kitah : http://youtu.be/b6yp-uAN4Do
Melakukan keselamatan kerja dalam merakit komputer    Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan perakitan PC, yaitu memperhatikan keselamatan kerja perakitan komputer. Hal-hal tersebut meliputi :-Pastikan tangan dalam kondisi kering-Gunakan peralatan sebagaimana fungsinya-Hindari memegang langsung chip IC pada komponen, seperti prosesor dan motherboard untuk menghindari listrik statis pada tubuh kita-Gunakan alas kaki dari karet atau melakukan perakitan di atas karpet untuk menghindari kejutan listrik-Hindari menggunakan perhiasan dari logam seperti cincin, gelang dan jam tangan.-Sebaiknya lakukan perakitan PC di ruangan tertutup dan bebas debu. Idealnya sih memang di ruangan ber-AC (air condition). -Siapkan meja kerja yang cukup lebar untuk menaruh semua peralatan dan perlengkapan, serta taruh sebuah kursi yang nyaman. -Jangan merokok, karena abu rokok bisa mengotori dan merusak komponen PC, terutama prosesor. Tempatkan air minum Anda jauh dari meja kerja. -Gunakan pula la

Unsur - unsur Estetika

Pengertian Estetika Estetika dalam bahasa Yunani Aesthesis Berarti tanggapan atau pengawasan. - Objek-objek Estetika : 1. Fenomena Alam 2. Karya Desain 3. Karya Seni 4. Proses Kreatif 5. Filsafat Seni - Nilai Estetika : 1. Tingkat Realisme 2. Keaslian dan Keunikan 3. Perpaduan ketakjuban dan pengharapan 4. Kepekatan atau kesempurnaan bentuk 5. Kejelasan Kualitas -  Unsur-unsur Estetika : 1. Wujud rupa/appearance 2. Bobot/isi (conten dan subcontent) 3. Penampilan penyajian (Presentation) -  Tema Grafis Komunikasi : 1. Rasional 2. Humor 3. Rasa Takut 4. Patriotik 5. Kesalahan 6. Kaidah 7. Simbol 8. Pengandaian 9. Emosional